Saturday, January 20, 2018

author photo
Cara Membatasi Akses RSS Feed Blog Untuk Mengatasi Pencurian Artikel Dari Autoblog.

Really Simple Syndikation atau disingkat dengan RSS adalah file berformat XML untuk sindikasi yang saat ini telah digunakan banyak situs web berita dan juga blog. Teknologi yang dibangun dengan RSS mengijinkan kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan web (feed RSS).

RSS digunakan secara luas oleh komunitas weblog untuk menyebar ringkasan tulisan terbaru, kadang-kadang juga menyertakan artikel lengkap bahkan gambar dan juga suara. Sebuah program komputer yang dikenal sebagai pembaca umpan (feed reader) bertindak sebagai pengumpul. Program ini mengecek situs yang menyediakan RSS dan menampilkan berbagai artikel baru yang ditemukan. Tenggang waktu dan siklus pengumpulan RSS biasanya dapat diatur oleh penggunanya. Program pengumpul dapat berupa program komputer atau sebuah layanan web yang tersedia secara online.

Membatasi Akses Feed Blog

Pada saat ini blog berplatform blogspot juga sudah menggenerate rss secara otomatis, setiap artikel yang Anda buat maka secara otomatis akan ikut menggenerate rss feed blog Anda. Untuk mengetahuinya, silahkan ketikan pada pencarian nama blog Anda seperti link dibawag ini.

Jika Anda melihat halaman rss feed blog anda masih berisi artikel secara keseluruhan seperti apa yang anda sajikan pada blog Anda sesuai dengan apa yang anda tulis. Itu artinya Anda belum membatasi atau menyingkat RSS feed blog Anda. Karena setelan RSS feed blog defaultnya adalah terbuka maka, anda harus membatasinya untuk menghindari pencurian artikel dari autoblog secara keseluruhan.

Haruskah RSS feed Blog Dibatasi?

Apabila Anda mengakses RSS feed blog Anda, dan ternyata RSS feed menyajikan artikel anda secara utuh, berarti setelan RSS feed blog anda masih dalam keadaan terbuka. RSS feed yang dibiarkan terbuka biasanya bisa dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggungjawab untuk menyadap rss feed blog anda. Sehingga setiap kali update artikel baru pada blog anda maka artikel tersebut akan terbit pada blog yang menyadap blog anda. Oleh karena itu anda harus membatasi akses rss feed blog anda agar orang lain tidak mudah untuk menyadap artikel anda secara sembarangan. Jika Anda belum mempunyai akun feedburner Anda harus membuatnya terlebih dahulu, Adapun cara membuat akun feedburner.

Berikut Beberaps Langkah Tutorial RSS feed sebagai berikut:

1. Silahkan Anda kunjungi situs FeedBurner.

2. Kemudian masukkan url feed default blog anda;
Contoh;
https://blabla.blogspot.com/feeds/posts/default dan next.
Lalu ikuti petunjuk selanjutnya sampai akun feedburner anda jadi.

Langkah Selanjutnya adalah membuat format umpan ringkas atau membatasi RSS feed.

Caranya:
1. Pastikan Akun feedburner anda telah jadi setelah melakukan langkah pertama. Pastikan Anda masih sign in di FeedBurner. Kemudian klik Optimize » Summary Burner.


2. Selanjutnya tentukan jumlah karakter umpan. Misalnya 150 karakter atau 300 karakter. Kemudian tuliskan Deskripsi umpan untuk para pembaca dan jangan lupa tuliskan alamat blog anda. Dalam hal ini tujuannya adalah, jika ada auto blog yang mencopas artikel kita, auto blog bisa membantu kita untuk mempromosikan url blog kita.


3. Setelah oke, silakan klik Activate. Dan anda lihat "You have successfully updated the feed (Nama Blog Anda)" diatas menu feedburner.

Selanjutnya adalah mengalihkan umpan dari blog ke FeedBurner.

Caranya;
1. Pastikan anda sudah login ke dasbor blogger. Kemudian klik Setelan, lalu klik Lainnya. Kemudian menuju ke setelan “Umpan situs”. Setel “Izinkan Umpan Blog” menjadi Singkat atau Summary. Kemudian masukkan url FeedBurner yang telah anda buat tadi di “Posting URL Pengubahan Arah Feed”.


3. Setelah itu klik Simpan Setelan di dasbor pojok kanan atas.

Adapun untuk mengetahui URL feedburner anda, caranya berikut ini;

1. Masuk ke akun FeedBurner. Lalu klik “Edit Feed Detail” di bagian paling atas. Kemudian lihat url pada “Feed Address” yang ada di bawahnya.


2. Lalu cek kembali RSS feed blog anda dengan peerintah blabla.blogspot.com/rss.xml Kurang lebih tampilan RSS feed blog Anda seperti gambar dibawah ini.


3. Jika anda melihat daftar artikel-artikel yang anda tulis di blog anda pada halaman RSS feed dan isi setiap artikel terlihat singkat dan pendek-pendek seperti yang terlihat pada gambar diatas, itu berarti anda sudah berhasil menyingkat RSS feed blog anda.
Dengan memperpendek RSS feed, pencurian artikel melalui penyadapan RSS feed bisa diinimalisir, meskipun ada orang yang dengan sengaja melakukan penyadapan pada RSS feed blog anda, mereka hanya akan menerbitkan konten yang sangat singkat seperti yang terlihat pada rss feed blog anda.

Demikian tentang Cara Membatasi Akses RSS feed Blog Untuk Mengatasi Pencurian Artikel Dari Autoblog , semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang blog.
 

This post have 0 comments


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post